Tingkat Suku Bunga, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Penyaluran Kredit Di Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Mandiraja Kabupaten Banjarnegara

Main Article Content

Siti Maesaroh
Asih Suciati

Abstract

ABSTRACT

 


Lending at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Mandiraja has fluctuations every year. Based on data, amount of lending in 2016 of 413 customers. In 2017 decreased to 386 customers. And in 2018 an increase of 462 customers. The occurrence of fluctuations is caused by several factors, including interest rates, brand image and trust.


This study aims to analyze the influence of interest rates, brand image and trust in lending at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Mandiraja Banjarnegara regency. This study used a questionnaire with 82 respondents as total sample. The sampling method used is probability sampling. The analytical method used in this research was multiple linier regression analysis.


The result showed that the interest rate variable had a negative and not significant effect on lending. The brand image variable had a positive and not significant effect on lending. The variable  of trust had a positive and significant effect on lending. Based on the result of the R square test showed that interest rate, brand image and trust simultaneously affect the lending by 38,8%. Meanwhile, the remaining 61,2% show that the on lending variables is influente by other variable not includein this research.

Article Details

How to Cite
Maesaroh, S., & Suciati, A. (2019). Tingkat Suku Bunga, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Penyaluran Kredit Di Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Medikonis, 19(1), 57–72. Retrieved from https://tambara.e-journal.id/medikonis/article/view/10
Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2008. Manejemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aprilia Safitri, Vita. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening pada Bank BRI Syariah KCP Demak. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Ariani, Yurike, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solok. Jurnal Fakultas Ekonomi. Vol. 9 No. 2.

Badaruddin. 2011. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Terhadap Penyaluran Kredit Konsumtif pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Sungguminasa. Jurnal STIE-Nobel-Indonesia.

Bilson, Simamora. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. cetakan ketiga.




Boediono. 2014. Ekonomi Internasional - Pengantar Ilmu Ekonomi No. 3. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Dahlan Siamat. 2007. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

E Case, Karl. dan Fair, C Rai. 2010. Prinsip- prinsip Ekonomi Makro. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Farida, Jasfar. 2009. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Firdaus, Rachmat dan Maya Ariyanti. 2009. Manajemen Dana Bank. Bandung: STIE INABA.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
19 edisi V. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hari Pratama, Ramdhani. 2013. Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Harjito, Agus dan Martono, 2011. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: EKONISIA.

Hasniar. 2016. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Permintaan Kredit Modal Kerja (KMK) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Jeneponto di Kabupaten Jenponto. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2014. Dasar-Dasar Perbankan.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kothler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Prenhallido.

dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andy.

Kuslin. 2018. Analisis Pengaruh Suku Bunga, Nilai Tukar dan Inflasi Terhadap Permintaan Kredit Konsumsi di Sulawesi Selatan Thun 200-2016. Skripsi. Makasar: .UIN ALALUDDIN Makasar.

Mamang, Sangadji E. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Muchdarsyah, Sinungan. 2008. Manajemen Dana Bank. Edisi ke Empat. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho. J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen.
Jakarta: PT. Kencana.

Rahmawati, Eva Sheilla. 2007. Analisi pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan dampaknya terhadap keputusan pembelian. Skripsi. Semarang (ID): Universitas Diponegoro Semarang.

Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stephen Robbins-Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi (Organizational Behavior) Terjemahan: Diana Angelica, Buku 2, Jakarta (ID) Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif.
Bandung: Alfabeta.

Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Ke 6. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku konsumen. Implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarno. 2009. Aspek-Aspek Hukum Perkreditan pada Bank. Bandung: Alfabeta.

Suyatno, Thomas, dkk.. 2007. Dasar–Dasar Perkreditan, Edisi Keempat, Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syofian, Siregar. 2017. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Tajudin, Makhdaleva Hanura. 2017. Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP

Sawangan. Skripsi. Univeristas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.
Edisi ketiga. Yogyakarta: Andy.

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bandung: Ghalia Indonesia.

Undang-undang No. 10 Tahun 1998. Tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 7 Tahun 1992 mengenai Perbankan.

Wardana, Dwiyadi Surya. 2011. Pengaruh Kepribadian Konsumen pada Pilihan Merek sebagai Konsep Diri pada Kategori Produk. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.

Wibowo, Aldrin dan Susi Suhendra. 2009. Analisa Pengaruh Nilai Kurs, Tingkat Inflasi dan Tingkat Suku Bunga terhadap Dana Pihak Ketiga pada Bank Devisi di Indonesia (Periode Triwulan I 2003 – Triwulan III 2008). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains & Humaniora. JPPSH, Lembaga Penelitian Undiksha.