Pengaruh Independensi Good Corporate Governance terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur

Main Article Content

Susanti susanti
Bahtiar Efendi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit terhadap penghindaran pajak (Tax Avoidance) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yaitu sebanyak 162 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga yang memenuhi kriteria sampel sebanyak 27 perusahaan. Sember data adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi BEI (www.idx.co.id). Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS v.23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional mempunyai pengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan komisaris independen, komite audit, tidak mempunyai pengaruh terhadap tax avoidance. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi tambahan pertimbangan manajemen dalam melakukan penghindaran pajak yang efisien tanpa melanggar undang-undang perpajakan yang berlaku, dan dapat memberikan informasi tambahan bagi pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan investasi.

Article Details

How to Cite
susanti, S., & Efendi, B. (2022). Pengaruh Independensi Good Corporate Governance terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur. Medikonis, 13(2), 63 - 69. https://doi.org/10.52659/medikonis.v13i2.71
Section
Articles

References

Amin, Khoirul. 2019. Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance. Skripsi. Studi Akuntansi. Universitas Sains Al-Qur’an. Jawa Tangah.
Andrean, Dany. 2019. Pengaruh Manajemen Laba, Corporate Governance dan Vinancial Leverage terhadap Agresivitas Pajak. Skripsi. Studi Akuntansi. Universitas Islam Negeri. Jakarta.
Annisa, Nuralifmida Ayu dan L. Kurniasih. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.1. No. 1. Pp. 1-13.
Charisma, Rezia Bayu. Susi Dwimulyani. 2019. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Tindakan Penghindaran Pajak dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Moderating. Magister Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Trisakti.
Darmayanti, Pande Putu Biantari. NK Lely Aryani M. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Koneksi Politik, dan CSR pada Tax Avoidance. E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.26.3.(2019).
Eksandy, Arry. 2017. Pengaruh Komisaris Independen, Komite Audit dan Kualitas Audit Terhadap Tax Avoidance. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol. 1. No. 1.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
IAI, 2015. Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat. Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.
Indriawati, Willy Florentia. 2017. Pengaruh Dewan komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi. Universitas Negeri Semarang.
Mukhsin, Muhamad. 2018. Pengaruh GCG terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Muhidin, Idrus. Nadiva Dewinta Danastri. 2015. Analisis Komisaris Independen, Komita Audit, Kepemilikan Keluarga dan Ukuran perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Bakrie.
Putri, Alifianti Herdian. Anis Chariri. 2017. Pengaruh Financial Distress dan Corporate Governance terhadap Praktik Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur. Ejournal-s1.undip.ac.id. Vol.6(2). Hal.1-11.
Salamah, Robiatus. 2018. Pengaruh Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan yang Terdaftar di LQ45. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri. Malang.
Sandy, Syeldila dan Lukviarman, Niki. 2015. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Studi Empiris pada perusahaan manufaktur. JAAI. Vol. 10. No. 2. Pp. 85-98.
Sari, Meila. Heidy Paramita Devi. 2018. Pengaruh Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi. Prodi Akuntansi – FEB. UNIPMA. Vol.2 No.2. Universitas PGRI. Madiun.
Setiawan, Septiyan Rolin Adi. 2018. Pengaruh Corporate Governance, Koneksi Politik, Leverage, dan Kompensasi Rugi Fiskal terhadap Penghindaran Pajak (studi empiris pada perusahaan yang terdftar di BEI). Skripsi. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah. Wonosobo.
Subagiastra, Komang, I Putu Edy Arizona, I Nyoman Kusuma AM. (2016). Pengaruh Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Ilmiah Kuntansi, 1(2), 167-193
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Tandean, Vivi Adeyani. 2015. Pengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi. Institut Bisnis dan Informatikan Kwik Kian Gie.