Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kp2kp Banjarnegara (Studi Empiris Pada Kp2kp Banjarnegara)

Main Article Content

Eling Ri Kurniati
Faiz Rizqi

Abstract

ABSTRACT


This research is specifically concern about problems regarding taxpayer compliance which form the preliminary survey result shows that taxpayer compliance in the KP2KP Banjarnegara is still low, especially the level of taxpayer compliance around 48.07%. The purpose of this study was to determine the effect of tax quality, authorities service, tax sanctions, taxpayer compliance costs, and the application of e-filing on tax compliance in the KP2KP Banjarnegara.


This research obtained 100 respondents as sample with simple random sampling. Data collection techniques were carried out by questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression analysis.


The hypothesis results obtained that the service quality of tax authorities had a positive and significant effect on taxpayer compliance, taxation sanctions had a negative and no significant effect on taxpayer compliance, taxpayer compliance costs had a positive and significant effect on taxpayer compliance and the application of e-filing had a negative and no significant effect for taxpayer compliance.

Article Details

How to Cite
Kurniati, E. R., & Rizqi, F. (2019). Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kp2kp Banjarnegara (Studi Empiris Pada Kp2kp Banjarnegara). Medikonis, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.52659/medikonis.v19i1.8
Section
Articles

References

Abdul Rahman. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak : Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Bandung : Nuansa

Arum, Harjanti P. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas. Jurnal volume 1, Nomor 1, tahun 2012. Universitas Diponegoro.

Claudia Monica. Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Rungkut di Surabaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.4, No.2, 2015 hal 1-15.

Dharma dan Suardana. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak, E - Jurnal Akuntansi Universitas Udayana ; 2014 : 340-353

Fikriningrum, Winda Kurnia. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak. Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 1 No. 2, h. 1-15.

Ghozali, Imam 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hana Oktavianti. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Penghasilan.

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor Kep-88/PJ/2004 tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan secara Elektronik.

Kirana, Gita Gowinda. 2010. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-filing (Kajian Empiris di Wilayah Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Layata, S. dan Setiawan, P.E. 2014. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Udayana 9.2, 540-556.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Edisi Revisi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.03/2007 tentang Tata Cara Penetapan Wajib Pajak Dengan Kriteria Tertentu Dalam Rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.

Rahayu, Siti Kurnia dan Ely Suhayati. 2010. Perpajakan, Teori dan Teknis Perhitungan. Yogyakarta : Graha ilmu

Rahman. 2011. Pengaruh Tentang Persepsi Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pelayanan Fiskus Pada Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol 12, No 2.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Supadmi. 2009. Meningkatkan Kepatuhan Pajak Melalui Kualitas Palayanan. AUDI Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol.2.

Susmita, Putu Rara dan Supadmi, Ni Luh. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Undang - Undang No 16 tahun 2009 pasal 1 ayat (1) tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Widayati dan Nurlis. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Gambir Tiga). Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Winerungan, O.L. 2013. Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP Di KPP Manado Dan KPP Bitung. Jurnal EMBA Vol.1 No.3, 960-970.