PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN PERSAINGAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA RESTO ONLINE DI BANJARNEGARA

Main Article Content

Setijadi Setijadi
Ratna Suryani
Siti Maesaroh
Lisa Ariyanti

Abstract

ABSTRACT 


This study discusses the phenomenon that occurs in online restaurants in the city of Banjarnegara where online marketing strategies and competition should be a good impact on increasing sales. achieve a consistent increase in sales. The purpose of this study is to determine the effect of online marketing strategies and competition in online restaurants in Banjarnegara. This type of research is quantitative research. Data was collected by distributing questionnaires, the data obtained from the research sample were 80 people. The sampling technique of this study used the Accidental Sampling method. Multiple linear regression data analysis. Quantitative analysis in this study uses validity and reliability tests with Cronbach'a Alpha. Classical assumption test includes normality test, heteroscedasticity test and multicollinearity. The results of this study indicate that partially online marketing strategy has an effect on increasing sales, partially competition has no effect on increasing sales and simultaneously online marketing strategies and competition have an effect on increasing sales. The value of the coefficient of determination is 0.562, which means that the percentage of online marketing strategy variables and competition affects an increase in sales of 56.2% and the remaining 44.8% is influenced by other variables not included in this study.

Article Details

How to Cite
Setijadi, S., Suryani, R., Maesaroh, S., & Ariyanti, L. (2023). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN PERSAINGAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA RESTO ONLINE DI BANJARNEGARA. Medikonis, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.52659/medikonis.v14i1.82
Section
Articles

References

Al Riananda, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Skripsi. IAIN Diponegoro.

Amalia, Rizkha. 2014. Pengaruh Pemasaran Interaktif Terhadap Keputusan Pembelian di Loubelle Concept Store Bandung. Skripsi. Universitas Islam Bandung.

Bitar. 2022. Pengertian Persaingan – Macam, Bentuk, Fungsi, Hasil, Analisis, dan Contoh. Diakses 23 Maret 2022 dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-persaingan/

Darmajaya. 2019. Pengaruh Modal Usaha Strategi Pemasaran Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kabupaten Tulungagung. Skripsi. UIN SATU Tulungagung.

Fakhri. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Dan Diversivikasi Produk Terhadap Volume Penjualan Khodijah Hijab Di Kota Jambi. Skripsi. Universitas Islam Jambi.

Fauziah. 2020. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945.

Guntarayana, Indria. 2018. Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Mkasar). Vol 7. No 2. Diakses 23 Maret 2022 dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/6907

Gusrizaldi. Komalasari. 2016. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Vol 2. No 2. Diakses 23 Maret 2022 dari https://core.ac.uk/download/pdf/322503154.pdf

Kotler. Keller. 2016 Dalam Amalia. Pengaruh Pemasaran Interaktif Terhadap Keputusan Pembelian Di Loubelle Concept Bandung. Skripsi. Universitas Islam Bandung.

Kotler. and Keller. 2012. Manajemen pemasaran Edisi Millenium 1.
Jakarta: Prenhallindo. Edisi Milenium, 1.

Kotler. dan Setiawan. 2017. Marketing Management. 14th edn. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler. Keller. 2014. American Marketing Association. Diakses 23 Maret 2022 dari http://repository.maranatha.edu/26588/9/1552118_References.pdf

Ma’ruf, Abdullah. 2013. Wirausaha Berbasis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mamuriyah, Nimatul. 2021. Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Rumah Makan Gadih Minang. Vol 3. No 1. Diakses 23 Maret 2022 dari https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/5973

Mulyani, Rizki, Esy. 2021. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. Bima Sakti Mutiara. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Marliani. 2016. Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Karawang). Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.

Rusydi, Abubakar. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Rosalina, Evi. Dan Insiatiningsih. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dengan Aplikasi Gojek Fitur GoFood Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kuliner di Yogyakarta. Yogyakarta: STIE Yogyakarta.

Sasangka. Rusmayadi. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minimart’90 Bandung. Vol 2. No 1.

Setiawati. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba. Vo l . No 1. Diakses 23 Maret 2022 dari http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/PRO/article/view/263

Sugiyono. Lina. 2018. Meningkatkan Kualitas Produk Sebagai Strategi Fundamental Dalam Bersaing. Economic, Accounting, Management and Business. Yogyakarta: Vol 1. No 1.

Sugiyono. Syafnidawaty. 2020. Data Primer.https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/

Tribun news. 2021. Tingkat Ekonomi Saat Pandemi Covid-19 di Banjarnegara. Diakses 23 Maret 2022, dari https://tribratanews.banjarnegara.jateng.polri.go.id/2021/06/tingkatkan-ekonomi-saat-pandemi-covid-19-paguyuban-resto-online-sarsipol-banjarnegara-luncurkan-katalog-menu-resto/

Ulfah, Fadilah. Nur, Khofifah. Salsabila. Evanita, Susi. Friyatmi. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Keju Lasi). Vol. 5. No. 2. Diakses 23 Maret 2022 dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1277