MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI E-COMMERCE, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN MODAL USAHA PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI BANJARNEGARA

Main Article Content

Siti Maesaroh
Yuliana Nur Asri
Sri Hayati

Abstract

ABSTRACT


 


The imbalance between the number of jobs and the growth of the productive age population which bring out unemployment, and bachelor graduates contribute 14 percent of it. The research were held in STIE Tamansiswa Banjarnegara and STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara. This study aims to determine the effect of e-commerce, income expectations and business fund toward entrepreneurship interest among collage students in Banjarnegara. This research uses quantitavive methods. Data collection was carried out using a questionnaire and given to a sample of 90 students. The sampling technique in this study used a stratified random sampling method. Data analysis using multiple linear regression. Data analysis techniques in research using validity and reliability test with Cronbach’s Alpha. The classic assumption test includes the normality test, heteroscedasticity test and multicollinearity test. The results of the study show that partiall and simultaneously e-commerce, income expectations and business fund have an effect on entrepreneurial interest. This is evidenced by the calculation results of the SPSS application program, which obtained an Adjusted R Square value of 57.5% while the remaining 42.5% is influenced by other variables. The researcher's suggestion is that students need to increase their interest in entrepreneurship through e-commerce, income expectations and business fund to reduce the unemployment rate of undergraduate graduates.

Article Details

How to Cite
Maesaroh, S., Asri, Y., & Hayati, S. (2024). MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI E-COMMERCE, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN MODAL USAHA PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI BANJARNEGARA. Medikonis, 15(1), 16 - 31. https://doi.org/10.52659/medikonis.v15i1.94
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. “Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan”, https://www.bps.go.id, diakses pada 19 Desember 2022.

Bayu, Dimas. 2022. “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022”, https://dataindonesia.id, diakses pada 19 Desember 2022.

Erlinda dan Rika Astuti. 2019. Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha yang Dimoderasi oleh Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, Vol. 9, No. 2, hal. 101-114.

Fathiyannida, Syafiya dan Teguh Erawati. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga dan Ekspetasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, Vol. 4, No. 2, hal. 83-94.

Firmansyah A. dan A. Roosmawarni. 2019. Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, Elida. 2021. Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Journal of Business and Economics Research (JBE), Vol. 2, No. 2, hal. 40-46.

Hamdani, Amid. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspetasi Pendapatan dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Hasibuan, dkk. 2021. Kewirausahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kardiana, Tata Cahyasari dan Inaya Sari Melati. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri, dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, Vol. 8, No. 3, hal. 1182-1197.

Kemkominfo. 2019. “Kemkominfo: Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen”, https://www.kominfo.go.id, diakses pada 19 Desember 2022.

Kurniawan, dkk. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self Efficacy. Jurnal of Economic Education, Vol. 5, No. 1, hal. 100-109.

Kusnadi dan Y. Novita. 2020. Kewirausahaan. Pekanbaru: Cahaya Firdaus Publishing dan Printing.
Lubis, Helmi S.S. 2017. Pengaruh Pemahaman Modal Usaha dan Mental Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Muaro Jambi. Artikel Ilmiah. Universitas Jambi.

Meifa, Yolla Triana. 2022. Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, Vol. 3, No. 1, hal. 41-56.

Muchamad, Arif Mustofa. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDikti), https://pddikti.kemendigbud.go.id, diakses pada tanggal 19 Desember 2022.

Paulus Patria Adhitama. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP, Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putri, Gia T. dan Oknaryana. 2022. Pengaruh Bisnis E-Commerce dan Self Efficacy terhadap Minat Menjadi Wirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Salingka Nagari, Vol. 01, No. 2, hal. 407-416.

Rahayu, Endang. 2022. Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahmania, M. dkk. 2022. The Effect of Entrepreneurship Knowledge, E-Commerce, Family Environment and Achievement Motivation on Interest in Entrepreneurship of Economic Education Students, Universitas PGRI Sumatera Barat. EKLEKTIK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 5, No. 1, hal. 24-30.

Sari, P.P. 2017. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara (STIE Tamansiswa), http://stietsbanjarnegara.ac.id, diakses pada tanggal 19 Februari 2023.

Setiani, dkk. 2022. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Modal Usaha dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Vol. 3, No. 1, hal. 83-92.

Setiawan, Deden. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Siagian, Nalom dan D. Manalu. 2021. Pengaruh Motivasi dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha di Pasar Komplek MMTC Kota Medan. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, Vol. 1, No. 1, hal. 81-95.

Sintya, Ni Made. 2019. Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen, Vol. 1, No. 1, hal. 337-380.

Sirait, E. dan A.A.D. Setyoningrum. 2022. Pengaruh Modal Usaha dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Kemaritiman di Masa Pandemi Covid-19. Inteletiva, Vol. 3, No. 5, hal. 87-98.

STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara, https://stb.ac.id, diakses pada tanggal 19 Februari 2023.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Suryana, Y. 2013. KEWIRAUSAHAAN: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Wardani, Nanda T. dan Retno M. Dewi. 2021. Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, hal. 77-93.

Yadewani, D. dan R. Wijaya. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, hal. 64-69.

Yusuf, E. dan R. Efendi. 2013. Student Entrepreneurial Interests that are influenced by Income Expectations, Entrepreneurship Education, and Self Efficacy. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol. 6, No. 6, hal. 572-580.